Kingdom Tower Jeddah gedung paling tinggi tahun 2017 mengalahkan burj khalifah dubai

Kingdom Tower Jeddah- Mega Proyek Menara Tertinggi di Dunia | Saat ini Burj Khalifa di Dubai, yang tegak dengan tinggi 828 meter masih merupakan pemegang rekor gedung tertinggi di dunia. Namun rencananya gedung berketinggian 1000 meter yang dinamakan Kingdom Tower di Jeddah akan mengalahkan rekor Burj Khalifa ini.

Pada hari senin 16 April 2012, Pangeran Alwaleed bin Talal sebagai Kepala Kingdom Holding Company, mengumumkan bahwa gedung pencakar langit itu direncanakan akan selesai dalam waktu 63 bulan ke depan. Atau sekitar lima tahun mendatang. Bangunan yang akan menjadi pencakar langit tertinggi di dunia ini adalah milik Pangeran Waleed bin Talal yang juga terlibat dalam perancangan.
Luas bangunan dari Kingdom Tower dirancang 500.000 meter persegi dan menara ini akan digunakan untuk Hotel Four Season, apartemen, perkantoran kelas utama, kondominium mewah, dan observatorium yang akan lebih tinggi dari tempat observasi tertinggi yang pernah ada. Kingdom Tower di rencanakan untuk menjadi pusat dari Kingdom City Jeddah yaitu sebuah mega proyek bangunan kota untuk pusat ekonomi, perkantoran, hotel, dan perumahan, dan Kingdom Tower ini merupakan tahap pertama dari mega proyek tersebut. 





Kontrak pembangunan Kingdom Tower ditandatangani oleh perusahaan milik keluarga Osama bin Laden, Saudi Binladen Group (SBG) dengan nilai 4,6 miliar Real Saudi atau sekitar US$1,2 miliar. Kingdom Tower akan dijadikan sebagai simbol ekonomi dan budaya. Kingdom Tower diharapkan akan menjadi ikon baru dalam sejarah Jedah sebagai ikon pintu gerbang Kota Suci Mekah.
Tower ini didesain oleh tim interdisiplin, dipimpin oleh Adrian Smith + Gordon Gill Architecture (AS+GA) yang berkantor di Chicago, Amerika Serikat. Tim ini juga melibatkan konsultan teknik bangunan, konsultan desain sistem lingkungan dan rekaayasa struktural, Thorton Tomasetti, insinyur yang terlibat pembangunan tiga dari sepuluh bangunan tertinggi dunia.
Jeddah Economic Company memilih AS+GA setelah melalui proses seleksi yang panjang. AS+GS hars berkompetisi dengan SOM, Pickard Chilton, Kohn Pedersen Fox, Pelli Clarke Pelli dan Foster + Partners.

Sementara, untuk membangun mega proyek Kingdom City Jeddah semula dianggarkan dana sebesar 75 miliar Real Saudi atau sekitar US$20 miliar. Namun, dalam pengumumannya, Alaweed bin Talal mengatakan dana itu ditambah 7,3 miliar hingga 8,8 Real Saudi. Tanah seluas 5,3 juta meter persegi di sebelah utara Jeddah disediakan untuk mega proyek tersebut.Tanah ini menghadap ke Laut Merah dan anak Sungai Obhur. Kingdom City Jeddah dibangun oleh Jeddah Economic Company yang dibentuk pada 2009.

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR

4 komentar:

1000 meter dan desain nya pun keren untuk gedung nya
keren nih gedung pencakar langit nya

mampir kaks http://tamaisnandar.blogspot.com/

hadir kak ditunggu kunbal dan komennya

Weleh... weleeeeh!!! Pada rebutan membangun gedung-gedung tinggi neh, ini tanda-tanda apa ya?

Post a Comment